SEJARAH SINGKAT YAYASAN
AL-HADIID CILEUNGSI KAB. BOGOR

Yayasan Al-Hadiid Cileungsi Kabupaten Bogor yang beralamat di Kampung Rawabelut RT. 02/RW. 06 Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat didirikan pada bulan Juli Tahun 1996 oleh Badan Pendiri yang terdiri dari 7 orang semuanya dari kalangan Guru. Yayasan Al-Hadiid Berbadan Hukum  dengan Akta Notaris No. 70/1996 oleh Notaris Ny. Masnah SH, dengan Ketua Pengurus saat itu Bapak Drs. Irwan Jaya.

Selanjutnya pada tahun 1996 itu juga menyelenggarakan bidang pendidikan dengan nama STM AL-HADIID Cileungsi dengan mendapat izin dari Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Bapak Drs. H. THAMRIN GUNARDI, M.A dengan Surat Keputusan Nomor : 367/IO2.1/Kep/OT/1998 tertanggal 25 Mei 1998.  STM AL-HADIID Cileungsi pada saat itu menempati luas tanah dan luas bangunan 200 M2 dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 2 jurusan yaitu Jurusan Teknik Otomotip dan Jurusan Teknik Mesin. STM AL-HADIID Cileungsi dikhususkan untuk siswa laki-laki.  Kini STM AL-HADIID Cileungsi telah berganti nama dengan SMK AL-HADIID 1 Cileungsi.

Pada tahun 1997  menyelenggarakan bidang pendidikan lainnya dengan nama SMEA AL-HADIID Cileungsi dengan mendapat ijin dari Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat Bapak Drs. H. ACHMAD DJAZULI  dengan Surat Keputusan Nomor : 3474/IO2.1/Kep/OT/1999 tertanggal 15 Nopember  1999. SMEA AL-HADIID Cileungsi jurusan Akuntansi dan Sekretaris dikhususkan untuk siswa perempuan. Kini SMEA AL-HADIID Cileungsi telah berganti nama dengan SMK AL-HADIID 2 Cileungsi.

Pada tahun 2001 Yayasan Al-Hadiid Cileungsi Kab. Bogor kembali menambah lembaga pendidikan yaitu SD Islam Al-Hadiid dengan mendapat ijin dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Bapak Ir. Drs. H. DIDIH SUWARDI, MM dengan Surat Keputusan Nomor : 421.1 / 579 / Disdik/2002, tertanggal 21 Maret 2002.

Selanjutnya untuk melengkapi bidang pendidikan lainnya maka pada tahun 2008 menyelenggarakan SMP AL-HADIID Cileungsi dengan mendapat izin dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Bapak Drs. H. MUHAMAD LUKMAN, MM, M.Si dengan Surat Keputusan Nomor : 421.3 / 613 / Disdik/2008, tertanggal 24 Nopember 2008.

Selanjutnya untuk melengkapi bidang pendidikan lainnya maka pada tahun 2018 menyelenggarakan SMA AL-HADIID Cileungsi.

Pada Tahun 2007 karena adanya pemberlakuan Undang-Undang Yayasan Nomor 16 Tahun 2001 maka Yayasan Al-Hadiid Cileungsi Kab. Bogor melakukan perubahan

Anggaran Dasar melalui Notaris Raden Roro Maya Angelica Hartanti Purwadi, SH dengan Akta Notaris Nomor 28/2007 tertanggal 30 Juli 2007 dan telah tercatat di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Departemen Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI dengan Surat Direktur Jenderal AHU Nomor : C-HT.01.09-436 tertanggal 24 Agustus 2007, dengan Susunan Orga Yayasan : PEMBINA (Bpk. BACHTIAR AI), PENGAWAS (Bpk. Drs. IRWAN JAYA), PENGURUS terdiri dari Ketua Bpk Drs. RAFI ARTA, Sekretaris Umum Bpk Drs. ALIMASRI, Sekretaris Bpk. Drs. RISWANTO, Bendahara Umum Bpk. Drs. MINDARHILUN dan Bendahara AHMAD ARJUDDIN, S.PdI.

Pada Tahun 2014 sampai sekarang telah terjadi perubahan Organ Yayasan yaitu dengan susunan Pembina : Drs. Irwan Jaya, Pengawas (Ketua) Drs. Rafi Arta, Pengawas (Anggota) Bachtiar Ai, sedangkan Pengurus terdiri dari 3 personil yaitu : (1) Ketua Drs. MINDARHILUN, (2) Sekretaris Drs. RISWANTO dan (3) Bendahara AHMAD ARJUDDIN,

Kini pada tahun 2019 Yayasan Al-Hadiid Cileungsi Kab. Bogor telah menempati di atas tanah seluas -/+ 8.200 M2 dengan jumlah peserta didik di 5 lembaga -/+ 1555 siswa.

VISI

Sebagai Wadah Dan Sarana Peningkatan Kebahagiaan Serta Kesejahteraan Dengan Mengembangkan Sumber Daya Manusia Unggul Melalui Dakwah Islamiyah Menurut Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah Sesuai Pemahaman Salafushsoleh.

MISI

Menjadi lembaga sosial untuk pencapaian kebahagiaan dan kesejahteraan dunia dan akherat

Menjadi lembaga kemanusiaan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul yang menguasai manajemen dan teknologi

Menjadi lembaga keagamaan untuk dakwah islamiyah menurut aqidah ahlussunnah wal jamaah sesuai pemahaman salafushsoleh yang berakhlak karimah